Hotline : 0811-8787-700

5 Rekomendasi Oleh-oleh Unik Khas Bali, Anti-mainstream

5 Rekomendasi Oleh-oleh Unik Khas Bali, Anti-mainstream - Agatha Tour

Apalah artinya liburan tanpa membeli cenderamata dari tempat kita kunjungi, terlebih jika sobat sedang liburan ke Bali. Selain menikmati pemandangan pantai yang luar biasa menawan, sobat juga wajib memboyong beberapa oleh-oleh khas Bali yang anti-mainstream. Oleh karena itu, kali ini Agatha Tour akan memberikan beberapa rekomendasi oleh-oleh unik khas Bali yang bisa sobat dapatkan ketika berkunjung ke tempat-tempat hidden gem di Bali.

5 Rekomendasi Oleh-oleh Unik Khas Bali

1.Kain Tenun Endek

Kain tenun Endek berasal dari kata ‘Gendekan’ yang berarti tetap. Maksudnya, saat pembuatan kain dicelupkan ke dalam pewarna, namun wana benang tidak berubah. Sobat bisa menemukan kain tenun Endek di beberapa wilayah Bali. Setiap daerah yang menjadi distributor Kain Tenun Endek ini, namanya pun mengikuti nama daerah kain tersebut. Seperti Endek Gianyar, Endek Klungkung, dan masih banyak lainnya.

Sama seperti karya seni daerah lainnya, kain tenun endek dari Bali juga memiliki berbagai motif yang bermakna. Setiap motifnya juga memiliki kegunaan masing-masing, mulai dari acara formal, kegiatan sehari-hari sampai kegiatan keagamaan. Kain tenun Endek memiliki berbagai motif, seperti motif patra dan encak saji. Kedua motif tersebut bersifat sangatsakral dan hanya boleh digunakan untuk upacara kegamaan karena menunjukkan rasa hormat pasa Sang Pencipta. Selain itu, terdapat juga motif yang menggambarkan nuansa alam yang digunkana untuk kegiatan sosial atau kegiatan sehari-hari. Motif ini biasanya didominasi dengan flora, fauna, atau pun tokoh pewayangan yang muncul dalam mitologi cerita di Bali.

2.Kopi Kintamani

liburan ke bali - Kopi kintamani - 5 Rekomendasi Oleh-oleh Unik Khas Bali, Anti-mainstream - Agatha Tour

Pulau Bali tidak hanya terkenal dengan destinasi wisata pantai saja.  Saat berkunjung ke Pulau Dewata ini, sobat juga dapat menikmati kopi yang terkenal cita rasanya yaitu kopi Kintamani. Kopi ini bahkan telah terkenal bukan hanya di Indonesia, tetapi juga telah mendunia. Kopi ini disebut sebagai Kopi Kintamani dari Bali karena ditanam di wilayah Kintamani. Kawasan ini sudah lama dikenal sebagai destinasi wisata terpouler, dengan keberadaan Danau Batur yang sangat cantik serta suasana pegunungan yang sejuk. Wilayah ini memiliki ketinggian sekitar 900 meter diatas permukaan laut dan menjadi ekosistem bagi tanaman kopi.

3.Lukisan Daun Lontar

Karya seni Lukis daun lontar atau bisa juga disebut lukis prasi merupakan seni melukis di atas daun lontar dengan pisau khusus khas Bali. Seni Prasi sendiri memang cukup terlihat sederhana, namun bila diperhatikan lebih detail lagi Prasi memiliki corak yang cukup rumit serta magis. Seni lukis prasi adalah sebuah warisan kesenian zaman kerajaan Bali. Hal itu ditandai dengan terdapat huruf Bali kuno atau sastra Bali pada gurat-gurat daun lontar. Karena menggunakan bahan alami mulai dari media gambar hingga tinta lukisan warisan leluhur ini cukup ramah lingkungan. Setelah daun lontar digurat dengan detail, media lukisnya juga di warnai dengan tinta yang terbuat dari kemiri yang dibakar.

Baca Juga:
Mau Wisata Musim Semi? Yuk Liat destinasi berikut ini

4.Layang-layang Bali

festival layang-layang bali - 5 Rekomendasi Oleh-oleh Unik Khas Bali, Anti-mainstream - Agatha Tour

Layang-layang menjadi salah satu tradisi unik yang dimiliki oleh penduduk Bali. Apalagi, mereka juga memiliki beberapa jenis layang-layang khas Bali yang bentuknya cukup unik. Karena keunikan layang-layang ini, tidak heran jika masyarakat setempatmemiliki acara khusus yaitu festival layang-layang yang tidak hanya menjadi cara melestarikan tradisi, tapi juga hiburan untuk menarik para pengunjung. Tradisi layang-layang khas Bali ini dimulai dari kebiasan para anak-anak di sana yang menghabiskan waktunya ketika bermain di area persawahan. Untuk menghilangkan kepenatan, mereka menaikkan layang-layang. Oleh masyarakat Bali, tradisi ini disebut dengan Rare Angon yang juga dikenal sebagai salah satu tokoh pewayangan yang memiliki penampilan selayaknya anak-anak.

Wisatawan bisa melihat secara langsung masyarakat Bali yang menerbangkan layang-layang unik di momen yang tepat. Biasanya, kegiatan ini berlangsung dalam rentang antara bulan Juli dan Agustus. Pada momen tersebut, wisatawan juga bisa menikmati banyak festival layang-layang, seperti Festival Layangan Internasional Padang Galak di Sanur, Festival Layangan Pantai Mertasari di Sanur, dan Festival Layangan Tanah Lot.

5.Kebaya Bali

Kebaya Bali - 5 Rekomendasi Oleh-oleh Unik Khas Bali, Anti-mainstream - Agatha Tour

Kebaya menjadi pakaian tradisional yang dapat sobat temukan di beberapa wilayah Indonesia, salah satunya di Bali. Meski kebayajawa dan Bali terlihat sama, tetapi kebaya khas Bali punya ciri khas yang berbeda. Masyarakat Bali sering mengenakan kebaya dalam berbagai kesempatan. Bahkan, kebaya menjadi pakaian adat yangwajib digunakan saat melakukan aktivitas beribadah di Pura. Meski berlabel sebagai pakaian tradisional, kebaya Bali terbukti mampu menjadi pakaian terpopuler tahun 2022. Pasalnya Kebaya Bali ini memiliki desain yang atraktif yang tak kalah dengan baju modern. Wah jadi sobat wajib beli nih saat liburan ke Bali

Baca Juga:
6 Rekomendasi Oleh-oleh Makanan Khas Belitung

Nah itu dia 5 rekomendasi oleh-oleh khas Bali yang bisa kamu jadiin refrensi saat liburan di Bali. Udah ada refrensinya tinggal liburannya nih. Yuk liburan ke Bali dengan Paket tour Bali 3 hari 2 malam dari agatha tour. Tersedia fasilitas lengkap dengan destinasi memukau di Paket Tour Bali kami. Yuk booking sekarang ! hubungi tour konsultan kami di 0812 8322 7530.

Shared:
Chat Sekarang
Chat Kami
Hai Kak ! Selamat datang di Pusat Customer Service Agatha Tour. Ada yang bisa kami bantu?