Hotline : 0811-8787-700

10 Fakta Menarik Tentang Petronas Twin Towers

https://agathatour.com/10-fakta-menarik-tentang-petronas-twin-towers

Petronas Twin Towers adalah gedung pencakar langit kembar di Kuala Lumpur. Gedung ini merupakan gedung tertinggi di Malaysia, dan dikenal luas sebagai Gedung Tertinggi di Dunia dari tahun 1998 hingga 2004.

Ketika Anda mengikuti paket tour Singapura atau paket tour 3 negara pasti akan mengunjungi Petronas Twin Towers.

Berikut beberapa fakta menarik tentang Petronas Twin Towers:

1. Menara Kembar Petronas pernah menjadi Gedung Tertinggi di Dunia

Ketika Petronas Twin Towers selesai di bangun pada tahun 1998, CTBUH mendeklarasikannya sebagai Gedung Resmi Tertinggi di Dunia.

Berdiri setinggi 452 meter, Menara Petronas memecahkan rekor dunia. Yang sebelumnya ketinggian 442 meter yang di pegang oleh Sears Tower di Chicago. Menara kembar ini di atapi oleh dua menara, atau di kenal dengan pinnacles. Ciri umum arsitektur Islam. Lantai tertinggi yang di tempati adalah lantai 88 dengan tinggi 375 meter.

Menara kembar ini tetap menjadi gedung tertinggi di dunia selama 6 tahun, hingga pada tahun 2004 ketika Taipei 101 melampauinya. Namun hingga saat ini, menara tersebut masih menjadi menara kembar tertinggi di dunia. Mungkin akan tetap bertahan setidaknya selama 5 atau 10 tahun ke depan, atau bahkan lebih lama lagi. Hingga kini tidak ada yang tahu kapan menara tersebut akan di lampaui oleh bangunan lain. Karena saat ini masih belum ada menara kembar yang tertinggi di dunia. usulan menara kembar yang lebih tinggi diusulkan dan di setujui, apalagi di bangun. Dulu Dubai mengajukan proyek yang bertujuan untuk menjadi menara kembar tertinggi di dunia. Namun usulan tersebut digantikan oleh Dubai Creek Tower yang dirancang akan dibangun setinggi 1.300 meter pada tahun 2020.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Tembok Besar China

https://agathatour.com/10-fakta-menarik-tentang-petronas-twin-towers

2. Nama Menara Petronas

Tidak ada kata Petronas dalam bahasa Inggris, dan itu bukanlah nama pasti sebuah perusahaan. Kata Petronas merupakan kependekan dari kata “Petroliam Nasional”, yang merupakan nama perusahaan perminyakan nasional Malaysia, Menara Kembar diambil dari nama Perusahaan Petroliam Nasional, karena perusahaan tersebut memiliki menara tersebut, dan Menara Satu di tempati sepenuhnya oleh Petronas. perusahaan sebagai kantor pusatnya.

3. Fungsi menara kembar Petronas

Meskipun Menara Satu di tempati oleh Petroliam Nasional sendiri, Menara Dua disewakan oleh mereka kepada berbagai perusahaan internasional, termasuk banyak perusahaan terkemuka seperti Microsoft, Huawei Technologies, IBM, Bloomberg, Reuters, dll.

Dan ada dek observasi yang menempati lantai 86 Tower Two.

Bagian bawah Menara Petronas ditempati oleh pusat perbelanjaan besar.

4. Jembatan Langit yang ikonik

Jembatan Langit bertingkat ganda menghubungkan dua menara di lantai 41 dan 42, jembatan layang ini memiliki panjang 58 meter, dan tinggi 170 meter dari permukaan tanah, di anggap sebagai jembatan layang dua lantai tertinggi di dunia.

Skybridge di rancang sebagai alat keselamatan, jika terjadi kejadian seperti kebakaran atau keadaan darurat lainnya terjadi di satu tower, maka penyewa di Petronas Twin Towers tersebut dapat mengungsi ke tower lainnya dengan melintasi Sky Bridge.

Artikel menarik lainnya: 10 fakta menarik tentang Merlion Park Singapura

5. Merupakan salah satu tujuan wisata terpopuler di Kuala Lumpur

Sky Bridge yang berada di antara dua menara ini di buka untuk umum untuk tamasya, pengunjung dapat mengakses jembatan tersebut untuk menikmati pemandangan kota dari dekat dari atas pada ketinggian 170 meter. Dulu mengunjungi Sky Bridge tidak di pungut biaya, sejak tahun 2010 pemilik menara mulai menjual tiket observatorium.

Selain Sky Bridge, di Tower Dua lantai 86 juga terdapat dek observasi, pengunjung dapat mengakses dek observasi dari Sky Bridge dengan menaiki lift lain. Dari sana pengunjung dapat melihat pemandangan udara dari Menara Salah Satu Menara Kembar, serta sebagian besar kota Kuala Lumpur.

6. Tentang bentuk dan desain

Petronas Twin Towers di rancang oleh arsitek Argentina-Amerika Cesar Pelli, seni Islam tradisional menginspirasinya untuk merancang menara untuk Malaysia, negara di mana Islam adalah agama mayoritas. Bentuk penampang masing-masing menara terdiri dari dua buah bujur sangkar bersilangan yang saling bertumpang tindih, dan masing-masing delapan titik potong dua buah bujur sangkar tersebut di kelilingi oleh lingkaran kecil, sehingga pagar pembatas menara bercampur dengan bagian bulat dan sudut.

7. Menara Kembar telah ditampilkan di banyak film

Sebagai salah satu landmark paling terkenal di Malaysia, Menara Kembar telah di tampilkan dalam banyak film internasional. Salah satu film paling terkenal yang menonjolkan menara kembar adalah film Entrapment tahun 1999, banyak adegan difilmkan di menara tersebut, dengan klimaks berlatar di Sky Bridge.

Versi Menara Petronas yang sedikit di modifikasi ditampilkan dalam film Korea Selatan The Tower, menara kembar dalam film tersebut memiliki banyak kesamaan dengan Menara Petronas, termasuk kelongsongnya, warnanya, dan Jembatan Langit yang ikonik. Dalam film tersebut terjadi kebakaran di salah satu menara menara kembar, bahkan Sky Bridge putus saat pengunjung dan penyewa hendak melintasi jembatan tersebut.

Film lain yang menampilkan Menara Petronas termasuk film Bollywood Don, film aksi Tiongkok Viral Factor (Dalam bahasa Cina: 逆战), film fiksi ilmiah Hollywood Hari Kemerdekaan 2 dan masih banyak lagi. Dalam Viral Factor, pemandangan udara Menara Petronas ter lihat jelas saat sebuah helikopter melayang di atas area yang berdekatan dengan menara kembar tersebut. Dalam film Independence 2, menara Petronas di buang ke Sungai Thames oleh alien, bersamaan dengan itu Burj Khalifa juga ikut dibuang ke sungai.

Baca Juga: Air Terjun Singapura Jewel Changi Airport

https://agathatour.com/10-fakta-menarik-tentang-petronas-twin-towers

 

8. Dibangun dengan sangat cepat

Menara Kembar Petronas di usulkan pada tahun 1992, pembangunan di mulai dua tahun kemudian pada tahun 1994, pemerintah Malaysia menetapkan menara tersebut harus selesai dalam 6 tahun, oleh karena itu ada dua konsorsium konstruksi yang di sewa untuk membangun kedua menara tersebut dalam waktu yang bersamaan, satu untuk setiap tower, Tower One di bangun oleh Hazama Corporation, perusahaan Jepang, Tower Two di bangun oleh Samsung C&T, yang juga membangun beberapa gedung pencakar langit terkenal lainnya seperti Taipei 101 dan Burj Khalifa di kemudian hari.

Menara ini berkembang pesat dengan kecepatan rata-rata satu lantai setiap 4 hari, selesai pada tahun 1998 sesuai rencana.

9. Mal Suria KLCC

Sebuah pusat perbelanjaan besar bernama Suria KLCC menempati podium menara.+

Mal ini adalah salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Kuala Lumpur, dengan luas 140.000 meter persegi.  Memiliki toko-toko dari banyak merek mewah internasional serta banyak merek fesyen dengan harga terjangkau. Selain itu, banyak atraksi lain yang dapat ditemukan di mal ini. Termasuk galeri seni, teater orkestra philharmonic, akuarium bawah air, dan bahkan pusat sains.

10. Pendakian

Tidak semua orang bisa mengakses bagian paling atas menara dengan lift. Pada tahun 2009, pendaki kota Perancis Alain Robert naik ke puncak Menara Dua menggunakan tangan kosong tanpa perlindungan apa pun. Seluruh proses memakan waktu tidak lebih dari 2 jam. Alain Robert telah mendaki banyak gedung pencakar langit di dunia. Termasuk beberapa gedung tertinggi seperti Burj Khalifa, Menara Jin Mao, dan masih banyak lagi. Untuk Petronas Twin Towers, dia mencoba berkali-kali sebelum tahun 2009, namun semuanya berakhir di tangkap sebelum mencapai puncak.

Paket Tour Singapura

Bagi Anda yang penasaran mengunjungi Petronas Twin Tower bisa mengikuti paket tour Singapura / paket tour 3 negara. Harga yang kami tawarkan sangat terjangkau dengan fasilitas pilihan terbaik. Hubungi segera marketing tour kami melalui no 021-5575 5974 / 0811-8787-700.

Chat Sekarang
Chat Kami
Hai Kak ! Selamat datang di Pusat Customer Service Agatha Tour. Ada yang bisa kami bantu?