Hotline : 0811-8787-700

Sejarah Pura Tanah Lot, Pura Eksotis di Tengah Laut

Sejarah Pura Tanah Lot, Pura Eksotis di Tengah Laut – Bali merupakan pulau yang dikenal dengan keindahan alamnya yang melibatkan para pelancong  dalam perjalanan spiritual melalui berbagai pura yang tersebar di seluruh pulau. Salah satu pura paling ikonik adalah Pura Tanah Lot. Dalam bahasa Bali, “Tanah Lot” berarti “Tanah di Tengah Laut,” sebuah nama yang menggambarkan lokasinya yang menakjubkan di atas batu karang di tepi laut. Namun, keindahan fisiknya hanya satu bagian dari cerita sebuah sejarah di balik Pura Tanah Lot adalah benang merah yang menghubungkan masa lalu Bali dengan kepercayaan spiritualnya yang mendalam. Yuk di simak:

 

Asal Usul Pura Tanah Lot

Sejarah Pura Tanah Lot berkaitan erat dengan seorang pendeta Hindu bernama Dang Hyang Nirartha, yang datang ke Bali pada abad ke-16. Menurut legenda, ketika Dang Hyang Nirartha tiba di Bali, dia membawa serta istrinya, tetapi batunya jatuh ke laut, menciptakan pulau batu karang yang ikonik ini. Dalam perjalanannya, dia menyebarkan ajaran Hindu Dharma dan memberikan berkah spiritual kepada masyarakat sekitar.

 

Kisah Keajaiban di Balik Batu Karang

Yang membuat Pura Tanah Lot begitu istimewa adalah kepercayaan spiritualnya. Di dalam pura ini, para pengunjung dapat merasakan aura suci yang kuat. Orang-orang lokal percaya bahwa pura ini merupakan tempat pemujaan Dewa Laut, yang membawa keberuntungan dan perlindungan bagi para nelayan. Setiap matahari terbenam, pura ini menjadi latar belakang yang dramatis, menciptakan suasana magis yang memikat setiap orang yang melihatnya.

 

Tradisi dan Upacara di Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot bukan hanya tempat wisata, tetapi juga tempat suci yang penting bagi umat Hindu Bali. Setiap tahunnya, pada hari ke-7 bulan Kedasa dalam kalender Bali, ribuan umat Hindu berkumpul di pura ini untuk merayakan upacara besar. Selama upacara ini, aroma dupa, bunyi kidung suci, dan warna-warni busana tradisional menciptakan suasana yang luar biasa.

 

Preservasi dan Pengembangan Budaya

Pemerintah dan masyarakat setempat telah bekerja keras untuk menjaga keaslian Pura Tanah Lot. Mereka menjaga kebersihan area sekitar, merawat struktur bangunan, dan mempromosikan kegiatan keagamaan dan budaya. Selain itu, untuk mendukung pariwisata berkelanjutan, mereka mengorganisir pertunjukan seni tradisional dan festival budaya di sekitar pura.

 

Pura Tanah Lot: Lebih dari Sekadar Destinasi Wisata

Pura Tanah Lot adalah bukti hidup kekayaan spiritual dan budaya Bali. Ini adalah titik temu antara sejarah, kepercayaan, dan keindahan alam yang menakjubkan. Saat mengunjungi Pura Tanah Lot, pengunjung tidak hanya menyaksikan panorama alam yang memukau tetapi juga merasakan kedalaman spiritual yang mengalir begitu kuat.

Dalam mengunjungi Pura Tanah Lot, orang tidak hanya menjelajahi tempat yang menakjubkan secara visual. Tetapi juga merasakan energi spiritual yang luar biasa. Ini adalah tempat yang mengingatkan kita akan keindahan sejarah dan kepercayaan spiritual yang membentuk Bali. Oleh karena itu, mari kunjungi Pura Tanah Lot segera dengan mengikuti paket tour Bali. Untuk info selengkapnya, kamu bisa hubungi di 0811-8787-700.

Shared:
Chat Sekarang
Chat Kami
Hai Kak ! Selamat datang di Pusat Customer Service Agatha Tour. Ada yang bisa kami bantu?