Hotline : 0811-8787-700

6 Tradisi dan Budaya di Bali yang Unik dan Menarik

paket liburan ke bali

Tradisi dan Budaya di Bali– Bali Merupakan destinasi wisata yang sangat terkenal di Dunia, tidak hanya objek wisata yang mampu membuat kita terpesona dengan Bali. terdapat berbagai macam tradisi yang unik dan menarik yang terus di lestarikan hingga saat ini.

kalo kamu sudah merasa bosan dengan objek wisata alam yang di Bali, kamu bisa mencoba untuk mengikuti/menyaksikan tradisi yang ada di Bali untuk memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan bersama AGATHA TOUR dengan menghubungi kami di 0811 8787 700.

1. Omed-omedan

https://agathatour.com/tradisi-dan-budaya-di-bali-yang-unik-dan-menarik
Omed omedan tradisi unik di bali

Tradisi yang satu ini terkenal dari Banjar Kaja Sesetan, Denpasar Selatan. Nama tradisi tersebut ialah Omed-omedan yang terdiri dari peluk, cium, siram, dan saling tarik.

Tradisi yang di awali dengan persembahyangan bersama di pura dan kemudian pementasan Barong Bangkung Jantan dan Betina. memiliki tujuan untuk memperkuat rasa asah, asih, dan asuh antar warga.

2. Ngaben Tikus

Tradisi Ngaben Tikus yang ada di Bali sudah di laksanakan sejak tahun 1965. salah satu desa yang melaksanakan tradisi Ngaben Tikus adalah Desa Adat Bedha, Tabanan.

Ngaben Tikus di lakukan bertujuan untuk mengusir hama tikus yang suka mengganggu tanaman padi milik masyarakat. asyarakat akan bersama-sama memburu tikus di sekitar persawahan, kemudian di buatkan bade dan sarana upacara lainnya.

3. Pemakaman Desa Trunyan

https://agathatour.com/tradisi-dan-budaya-di-bali-yang-unik-dan-menarik
Tradisi Pemakaman di Trunyan di Bali

Di Desa Trunyan Kintamani salah satu desa yang ada Bali memiliki tradisi unik yaitu memakamkan orang meninggal hanya dengan di letakkan di bawah pohon menyan dan tanpa di kubur, hanya di pagari oleh bambu(ancak saji) untuk menjaga dari hewan liar.

walaupun tidak di kubur jasad tersebut tidak berbau busuk, sampai jasad itu hanya tinggal tulang belulang. pemakaman di Trunyan menjadi salah satu objek wisata budaya dan tradisi yang ada Indonesia.

4. Siat Sambuk

Tradisi Siat Sambuk di laksanakan pada waktu sandikala atau sebelum matahari terbenam sehari sebelum hari raya Nyepi.Siat Sambuk dari Tabanan, tepatnya Banjar Pohgending, Desa Pitra, Kecamatan Penebel.

Tradisi ini di lakukan dengan membuat 2 pasukan yang di bagi menjadi Wong Kelod (Kelompok Selatan) dan Wong Kaja (Kelompok Utara). Amunisi yang di gunakan adalah serabut kelapa yang telah di bakar dan membara untuk berperang. Dan Setelah tradisi Siat Sambuk akan berkumpul di pertigaan desa untuk nunas titra dan berjabat tangan agar tidak ada dendam. 

5. Mekare-kare

https://agathatour.com/tradisi-dan-budaya-di-bali-yang-unik-dan-menarik
tradisi dan budaya Mekare-kare

Tradisi dan Budaya di Bali yang rutin di lakukan setiap tahun di di Desa Tenganan pegringsingan, karangasem adalah Mekare-Kare atau biasa di sebut dengan perang pandan yang merupakan rangkaian pelaksanaan Usaba Sambah.

Mekare-Kare ini sebagai penghormatan kepada Dewa Indra yang di anggap sebagai dewa dari segala dewa.

Tradisi tersebut biasa di ikuti kaum laki-laki, mulai dari anak-anak, dewasa, hingga orang tua. Para peserta akan menggunakan pandan berduri sebagai senjata dan perisai rotan sebagai pelindung.

Dan nanti nya peserta yang terluka akan di obati dengan ramuan tradisional dari parutan kunyit, lengkuas, dan minyak kelapa.

6. Nyakan Diwang

Salah satu tradisi dari serangkaian hari raya Nyepi adalah Tradisi Nyakan Diwang dari Kecamatan Banjar, Buleleng. Di laksanakan dengan kegiatan nyakan (menanak nasi) di luar rumah atau pinggir jalan.

Tradisi ini di lakukan sebagai bentuk penyepian dapur di masing-masing keluarga. Selain itu tujuan tradisi ini adalah untuk menjadi alat pemupuk kekerabatan antarwarga karena di barengi tradisi saling mengunjungi tetangga.

 Tradisi Nyakan Diwang di laksanakan serentak pada pukul 03.00 Wita. dan pukul 04.00 Wita melakukan silaturahmi ke tetangga di sela-sela kegiatan menanak nasi.

 

Baca juga: 3 Pilihan Wisata Bali terbaik 2023

Yuk, Gabung Tour Bali Untuk Menikmati Tradisi dan Budaya di Bali !!

kamu bisa gabung Untuk Menikmati Tradisi dan Budaya di Bali Agatha Tour dengan harga yang terjangkau dan sudah termasuk tiket pesawat PP, hotel, makan dan masih banyak yang lainnya.

Selama mengikuti tour bersama Agatha Tour kamu tidak perlu repot untuk menyiapkan akomodasi nya karena sudah kami handle dan kamu bisa menikmati liburan dengan tenang tanpa harus memikirkan yang lain.

Jadi, kapan Liburannya?

Nikmati Paket Tour Bali terlengkap bersama Agatha Tour, The Spirit of Traveling. Ada banyak program itinerary yang seru dan sayang bila terlewatkan. Untuk informasi paket tour internasional lainnya, hubungi telemarketing kami di 0811 8787 700.

Kami menyediakan Paket Tour Bali Lainnya:

Chat Sekarang
Chat Kami
Hai Kak ! Selamat datang di Pusat Customer Service Agatha Tour. Ada yang bisa kami bantu?